8 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Mandiri

"Bibir pecah-pecah disertai kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman"

Life | 23 February 2022, 18:55
8 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Mandiri

Pada umumnya kondisi bibir kering dan pecah-pecah dapat dipicu oleh cuaca yang sangat dingin ataupun sebaliknya. Bibir merupakan bagian anggota tubuh yang memiliki tekstur kulit paling tipis. Sehingga kondisi tidak bisa membuat bibir menghasilkan air, hal ini menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir merupakan bagian tubuh yang unik dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Sebagian besar orang, bahkan hampir setiap orang pasti pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah juga sangat rentan berdarah, dan bisa menimbulkan luka. Sebab bibir termasuk bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak.

Hal ini karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Oleh karena itu, paparan sinar matahari bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Bibir tidak bisa menjaga kelembapannya secara alami dengan sendirinya, sehingga bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh pancaran sinar matahari secara berlebihan.

Tentunya setiap orang menginginkan bibir yang lembap dan segar, sehingga dapat membuat penampilan juga terasa indah. Maka bibir kering dan pecah-pecah tidak bisa dibiarkan begitu saja, dan harus segera diatasi agar tidak mengurangi rasa percaya diri dalam aktivitas sehari-hari.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah

Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari secara berlebihan, bibir kering dan pecah-pecah juga dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Lapisan kulit bibir yang lebih tipis dari kulit wajah lainnya juga dapat memicu bibir pecah-pecah.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah;

- Sering menjilat bibir, hal ini dapat membuat bibir seketika memang tampak lembap, akan tetapi tidak bisa bertahan lama. Sebab bibir akan cepat menguap dan menyebabkan bibir kering kembali, hingga pecah-pecah.

- Kurangnya zat gizi, ketika mengalami bibir kering dan pecah-pecah, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan zat gizi tertentu. Salah satunya penuhilah vitamin B pada tubuh, agar tidak terjadi bibir kering dan pecah-pecah.

- Keadaan medis tertentu, ada beberapa macam penyakit medis yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah bagi para penderitanya. Misalnya penyakit tiroid dapat mempengaruhi fungsi tiroid yang rendah dapat menyebabkan kekeringan dan berdampak pada bibir.

- Terjadinya dehidrasi, suatu kondisi tubuh kekurangan cairan yang dapat membuat tubuh tampak lemas, bahkan terasa kering. Selain itu dehidrasi juga dapat membuat bibir kering, sehingga dapat menyebabkan pecah-pecah.

- Kebiasaan menggigit bibir, lidah memiliki enzim yang berfungsi untuk memecah zat gizi pada makanan. Enzim tersebut akan memiliki fungsi yang sama, jika terjatuh pada bagian bibir. Sehingga dapat menyebabkan bibir kering hingga pecah-pecah.

- Bernapas menggunakan mulut, udara yang lewat saat seseorang bernapas menggunakan mulut dapat menghilangkan kondisi kelembapan pada bibir. Sehingga dapat memicu bibir kering dan pecah-pecah.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Kenali beberapa penyebab di atas untuk memudahkan dalam mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu juga memudahkan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah harus segera diatasi agar tidak mengganggu rasa percaya diri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Berikut ini cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah :

1. Penggunaan produk kosmetik yang tepat

Bibir kering dan pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh alergi, alergi dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang sesuai dengan kulit bibir. Misalnya penggunaan lipstik yang tidak sesuai dengan kulit bibir dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Gunakan kosmetik atau lipstik yang tepat dan sesuai kulit dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

2. Oleskan madu

Daun.id

sumber; pixabay

Madu memiliki kandungan antimikroba, anti peradangan dan beberapa manfaat yang lainnya. Sehingga madu dapat menjaga bibir kering dan pecah-pecah dari infeksi kuman dan bakteri, selain itu juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Oleskan madu pada area bibir dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

3. Hindari kontak bibir dengan logam

Saat menggunakan penjepit kertas, peniti, jarum dan jenis logam lain sebagainya. Biasanya seseorang menaruh beberapa jenis logam tersebut pada dibibir agar tidak mudah hilang atau jatuh. Padahal cara tersebut dapat menyebabkan bibir iritasi dan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Menghindarkan bibir dengan logam dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

4. Oleskan minyak kelapa

Daun.id

sumber; pixabay

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat dalam membantu mengatasi masalah kulit, termasuk bibir kering dan pecah-pecah. Salah satunya juga dapat menjaga kelembapan kulit, mencegah bakteri, dan menghilangkan peradangan pada area bibir. Mengoleskan minyak kelapa ke area bibir dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

5. Jangan menjilat bibir

Wajar saja, sebagian besar orang ketika mengalami bibir kering dan pecah-pecah memilih untuk menjilat bibir agar tidak mengering. Pasalnya cara ini dapat membuat bibir basah, namun hanya sebentar dan mudah mengering kembali. Padahal, kondisi ini dapat memperburuk kondisi bibir, hindari kebiasaan menjilat bibir dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

6. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pixabay

Tubuh yang sedang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering disertai pecah-pecah. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mencukupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya minum lebih banyak air putih dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, sekalain itu juga dapat mengatasi dehidrasi.

7. Oleskan pelembap bibir

Mengoleskan pelembap bibir dapat membantu melindungi bibir dari beberapa kondisi, misalnya paparan sinar matahari atau kondisi cuaca tertentu pada saat beraktivitas. Menggunakan pelembap pada kondisi tersebut dapat menjaga kelembapan kondisi bibir. Gunakanlah pelembap bibir sebelum beraktifitas di luar ruangan sehingga dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

8. Gunakan gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pixabay

Gel lidah buaya sudah terkenal memiliki manfaat untuk masalah kecantikan, termasuk dapat mengatasi bibir pecah-pecah. Untuk mendapatkan lidah buaya kini sudah bisa dibeli dibeberapa pasaran. Cara penggunaan gel lidah buaya pun sangat mudah, tinggal oleskan saja pada bibir kering dan pecah-pecah sehingga dapat mengatasinya.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Jika bibir kering dan pecah-pecah masih terjadi setelah mencoba beberapa cara di atas. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter guna mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya