7 Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan Secara Aman

"Kulit kering dapat terjadi dengan berbagai ragam, kondisi ini tidak saja terjadi pada wajah akan tetapi juga dapat terjadi pada kulit tangan."

Life | 23 February 2022, 16:29
7 Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Tangan Secara Aman

Sebagian besar orang, pasti pernah mengalami kulit kering pada tangan. Kondisi ini dapat mengurangi rasa percaya diri karena mengganggu penampilan. Kulit bisa saja mengalami kering, dan ditandai dengan kondisi kulit yang kasar, mudah terkelupas, pecah-pecah, hingga mudah terkelupas. Kulit kering pada tangan terjadi dipengaruhi oleh beberapa hal.

Misalnya penggunaan produk kecantikan yang kurang tepat, paparan sinar matahari secara langsung dengan kulit tangan, serta kebiasaan mandi dengan waktu lama. Kondisi kulit kering pada tangan harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Selain itu kondisi kulit kering pada tangan juga disebabkan oleh penuaan, iritasi, dan beberapa penyakit tertentu.

Kulit kering pada tangan dapat terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Kulit kering pada tangan atau kasar merupakan salah satu gangguan yang seringkali terjadi pada setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun kondisi ini hanya berlangsung sementara atau pada waktu-waktu tertentu saja, masalah ini tetap membuat seseorang menjadi tidak nyaman.

Secara umumnya, gangguan kulit kering pada tangan dapat disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit tangan. Namun, ada beberapa penyebab lain dari kulit kering pada tangan.

Mengenal penyebab kulit kering pada tangan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kulit kering pada tangan. Berikut ini penyebab kulit kering pada tangan :

Daun.id

sumber; pixabay

- Kondisi medis tertentu, dapat mempengaruhi terjadinya kulit kering pada tangan. Misalnya penderita, diabetes, kurang gizi, penyakit ginjal, dan lain sebagainya.

- Terjadinya penuaan, faktor usia yang semakin tua dapat menyebabkan seseorang mengalami penuaan, sehingga kulit menjadi tipis karena kekurangan kolagen dan sebum dapat menyebabkan kulit kering pada tangan.

- Terjadi iritasi, kondisi ini juga dapat menyebabkan kulit kering pada tangan, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan kulit iritasi.

- Terlalu sering mandi dengan air panas, dapat mengurangi kelembapan kondisi kulit, sehingga menyebabkan kulit kering pada tangan.

- Perubahan cuaca, cuaca yang berubah-ubah dapat mempengaruhi kelembapan udara. Semakin dingin suhu udara dapat menyebabkan kulit kering pada tangan.

- Sering menggosok kulit, jika kulit sering digosok terlalu kencang dapat mengurangi kelembapan pada permukaan kulit, terlebih pada area kulit tangan.

- Efek samping obat, ada beberapa obat-obatan yang dapat mempengaruhi kulit kering pada tangan.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan terjadinya kulit kering pada tangan. Jika kulit mengalami beberapa hal di atas segera lakukan penanganan agar kulit kering pada tangan tidak terjadi.

Cara mencegah kulit kering pada tangan

Kulit kering pada tangan juga dapat dicegah dengan melalui beberapa cara, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit kering pada tangan;

Daun.id

sumber; pixabay

- Mandi dengan menggunakan air dingin, sebab keseringan mandi dengan menggunakan suhu tinggi dapat menyebabkan kulit kering pada tangan.

- Hindari konsumsi alkohol secara berlebihan, sebab dapat menyebabkan kulit kering pada tangan.

- Menghindari air campuran kaporit, atau penggunaan beberapa bahan tersebut dapat menyebabkan kulit kering pada tangan dan anggota tubuh lainnya.

- Hindari sentuhan kulit tangan dengan sabun yang berbahan kasar, seperti detergen, atau sabun cuci pring, dan lain-lain.

- Hindari penggunaan parfum secara berlebihan, ada beberapa parfum yang mengandung bahan keras yang menyebabkan kulit kering pada tangan.

Itulah beberpa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari kulit kering pada tangan. Sehingga kulit pada tangan dapat terjaga kelembapannya dan tampak segar.

Cara mengatasi kulit kering pada tangan

Kulit kering pada tangan dapat diatasi dengan beberapa cara secara alami. Selain itu juga dapat diatasi dengan cara medis tertentu. Namun kali ini mari kita bahas cara mengatasi kulit kering pada tangan secara aman:

1. Meningkatkan konsumsi air putih

Daun.id

sumber; pixabay

Air putih dapat mencegah dehidrasi pada tubuh, sehingga cairan tubuh dapat terpenuhi dan kulit nampak segar. Selain itu, air putih juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering pada tangan, maka penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Minumlah air putih minimal 1 liter dalam sehari. Bisa juga, minum minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Hindari terlalu sering mandi dengan air panas

Jika mandi dengan air panas yang terlalu sering dapat menyebabkan kelembapan kulit menjadi berkurang. Oleh karena itu batasi mandi dengan mennggunakan air panas agar kelembapan kulit tetap terjaga, setelah mandi gunakanlah handuk yang berbahan lembut. Hindari menggosok kulit pada tangan terlalu kencang. Sehingga dapat mengatasi kulit kering pada tangan.

3. Lindungi kulit tangan dengan tabir surya

Daun.id

sumber; pixabay

Sering aktivitas di luar ruangan dapat menyebabkan kulit pada tangan bersentuhan secara langsung dengan sinar ultraviolet, sehingga dapat menyebabkan kulit kering pada tangan. Sebaiknya gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit tangan dari paparan sinar matahari secara langsung. Menggunakan tabir surya dapat mengatasi kulit kering pada tangan.

4. Merawat kulit tangan pada malam hari

Ketika melihat kondisi kulit pada tangan tampak mengering, lakukanlah perawatan pada saat malam sebelum tidur. Gunakan pelembab yang sesuai dan cocok dengan kondisi kulit tangan anda, dan bersihkan sisa-sisa makeup sebelum tidur. Perawatan ini dapat dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari. Sehingga dapat mengatasi kulit kering pada tangan.

5. Gunakan sabun yang berbahan lembut

Daun.id

sumber; pixabay

Cara mengatasi kulit kering pada tangan dapat dilakukan dengan menggunakan sabun yang berbahan lembut. Sebaiknya hindari produk kecantikan yang memiliki kandungan bahan alkohol atau bahan keras lainya. Sebab beberapa kandungan kimia tersebut dapat menyebabkan kulit kering, sekaligus pada tangan. Gunakan sabun yang berbahan lembut dapat mengatasi kulit kering pada tangan.

6. Berikan kulit nutrisi

Nutrisi sangatlah penting dan dibutuhkan kulit, caranya memperbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti bluebery, tomat, kacang polong, dan wortel. Beberapa bahan makanan tersebut dapat mengurangi kerusakan sel kulit akibat racun dan membantu membentuk sel kulit baru. Sehingga dapat mengatasi kulit kering pada tangan.

7. Lindungi kulit tangan dari udara dingin

Selain panas sinar matahari, udara dingin juga dapat menyebabkan kulit kering pada tangan. Jika sedang berada dalam usaha yang terlalu dingin sebaiknya gunakan pakaian yang tebal untuk mengatasi kulit kering pada tangan. Serta gunakanlah selimut yang tebal saat tidur untuk melindungi kulit tangan dari udara dingin.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering pada tangan. Lakukan beberapa cara di atas hingga kulit kering pada tangan benar-benar teratasi. Jika masih membandel, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter spesialis.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya