15 Cara Mengatasi Jerawat Pasir Secara Alami, Aman dan Ampuh

"Jerawat pasir merupakan jerawat yang memiliki ukuran kecil, meski kecil jerawat pasir memiliki jumlah yang sangat banyak."

Life | 22 February 2022, 17:06
15 Cara Mengatasi Jerawat Pasir Secara Alami, Aman dan Ampuh

Bagi sebagian besar orang, jerawat pasir dapat mengganggu penampilan hingga dapat mengurangi rasa percaya diri. Jerawat pasir merupakan masalah kulit yang sering terjadi, salah satu cirinya berupa bintik-bintik kecil namun jumlahnya cukup banyak. Kondisi ini juga seringkali diakibatkan oleh beruntusan dan beberapa penyebab lainnya.

Munculnya jerawat pasir juga dapat muncul akibat penyumbatan pori-pori, penyumbatan tersebut diakibatkan minyak alami yang berlebihan diproduksi. Selain itu juga disebabkan kotoran, sel kulit mati, dan bakteri. Jerawat pasir dapat menyerupai biang keringat atau papula, jenis jerawat ini juga dapat menyebabkan bernanah.

Sebelum mencari cara untuk mengatasinya carilah terlebih dahulu penyebabnya. Jerawat pasir lebih mudah menyebar pada bagian kulit yang teriritasi. Kemunculannya juga tidak pada satu tempat saja, namun dapat menyebar luas dengan cepat. Jika sedang terjadi kondisi ini sebaiknya hindarilah untuk memencet jerawat secara langsung.

Cara mengatasi jerawat pasir secara alami

Ada banyak cara secara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat pasir, baik secara medis maupun secara alami. Jerawat pasir harus segera diatasi, sebab dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Berikut ini cara mengatasi jerawat pasir dengan bahan alami :

1. Oleskan pepaya

Daun.id

sumber; pixabay

Enzim papain yang terdapat pada pepaya dapat membantu mengurangi sel kulit mati. Sementara aktioksidannya dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Kemudian mengatasi kulit yang kemerahan akibat jerawat pasir dan mengurangi peradangan pada kulit wajah. Pepaya memiliki banyak manfaat untuk mengatasi jerawat pasir dan kesehatan kulit wajah.

2. Menggunakan madu

Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat pasir. Antibiotik ini pun bisa berfungsi memudarkan bekas jerawat pasir. Jadi madu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat pasir. Cara mengatasi jerawat pasir secara alami, siapkan madu murni, lalu oleskan pada bagian jerawat pasir. Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

3. Teh hijau

Daun.id

sumber; pixabay

Teh hijau memiliki kandungan flavonoid dan tanin, yang berfungsi dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat pasir. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit acne prone. Sehingga dapat mengatasi jerawat pasir.

4. Buah pisang

Buah pisang mengandung banyak antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut akan lembapkan dan mencerahkan wajah. Sementara ada kandungan Lektin yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu buah pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pasir.

5. Tomat

Daun.id

sumber; pixabay

Tomat dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat pasir. Cara ini pun terbilang cepat dan mudah serta alami. Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Utamanya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Termasuk untuk digunakan mengatasi masalah jerawat pasir. Pilihlah tomat, haluskan lalu aplikasikan pada wajah, tunggu hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

6. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E dapat dijadikan salah satu cara mengatasi jerawat pasir secara alami yang cukup sering digunakan orang-orang. Gunakan gel dari lidah buaya sebagai masker lalu biarkan mengering dan bilas dengan air. Selain gelnya, daun Lidah buaya pun mengandung senyawa aktif, yaitu polifenol. Sehingga dapat mengatasi jerawat pasir.

7. Gunakan yoghurt

Daun.id

sumber; pixabay

Yoghurt merupakan bahan makanan yang dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun dalam mengatasi jerawat pasir, harus menggunakan yoghurt tanpa perasa atau plain. Untuk dipakai di wajah, cara yang harus dilakukan ialah mengaplikasikannya menjadi masker wajah. Oleskan di area yang berjerawat, lalu diamkan hingga meresap di kulit, setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Gunakan air sisa cucian beras

Air beras memiliki kandungan allantoin yang dapat membantu mengatasi jerawat pasir. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang berfungsi efektif dapat menenangkan kulit jerawat pasir. Caranya cukup mudah, perlu mengoleskan air beras pada permukaan kulit yang timbul pada beruntusan atau jerawat pasir. Selain itu, air sisa cucian beras juga memiliki sifat yang dapat mengontrol minyak berlebihan.

9. Baking soda

Daun.id

sumber; pixabay

Jerawat pasir dan bekasnya dapat diatasi dengan baking soda. Baking soda memiliki kandungan kristal sodium bicarbonate yang dapat berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakan sebagai scrub. Baking soda dapat dicampur dengan air secukupnya sebelum diaplikasikan pada jerawat. Oleskan baking soda dapat mengatasi jerawat pasir.

10. Masker mentimun

Mentimun memiliki kandungan kadar air yang tinggi juga terdapat vitamin A,B, dan C. Selain itu juga memiliki kandungan mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi kulit wajah. Jadi mentimun cocok dipakai untuk mengatasi jerawat pasir. Irislah mentimun tipis-tipis, lalu tempelkan pada area jerawat pasir.

11. Bawang putih

Daun.id

sumber; pixabay

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur Bawang putih juga dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit. Bawang putih juga dapat memiliki fungsi sebagai antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik, sehingga mampu membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu sulfurnya juga mampu mengatasi jerawat pasir.

12. Menggunakan putih telur

Putih telur dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pasir. Manfaat ini berasal dari kandungan enzim lysozome yang terdapat di dalam putih telur dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat pasir. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat pasir.

13. Kentang

Daun.id

sumber; pixabay

Kentang bisa dipakai untuk mengatasi jerawat pasir. Hal ini disebabkan karena kentang mengandung vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Kedua zat tersebut mampu untuk mengatasi masalah jerawat, termasuk jerawat pasir. Gunakan jerawat pasir dapat mengatasi masalah jerawat pasir.

14. Jeruk Nipis

Jeruk nipis selain dapat digunakan untuk minuman, juga mempunyai kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA). Kandungan ini dapat dipercaya bisa membantu mengatasi jerawat pasir. Hanya saja ketika diterapkan pada wajah, jeruk nipis tidak dapat membantu mendinginkan. Sebagian orang yang telah menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat pasir terasa perih.

15. Membersihkan wajah secara rutin dan teratur

Daun.id

sumber; pixabay

Membersihkan wajah dengan mencuci muka sesudah dan sebelum tidur dapat membantu mengurangi risiko terjadinya jerawat pasir. Selain mencuci wajah, mandi juga sangat membantu menjaga kondisi kebersihan area tubuh setelah melakukan aktivitas berat. Pasalnya minyak dan keringat pada kulit dapat menyebabkan munculnya jerawat, termasuk jerawat pasir.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat pasir. Jika mengalami kesulitan dalam mengatasi jerawat pasir, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kulit. Sehingga mendapat resep dan perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya