7 Cara Mengatasi Wasir Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Wasir atau yang sering disebut dengan ambeien merupakan suatu msalah pada pencernaan, kondisi ini sering kali terjadi pada orang dewasa."

Life | 28 February 2022, 11:00
7 Cara Mengatasi Wasir Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Wasir dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai macam kondisi tertentu, untuk meredakan gejala ini biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari. Wasir atau dapat disebut juga hemoroid merupakan kondisi pembesaran atau pembengkakan yang terjadi pada dubur atau usus besar bagian akhir (rektum).

Wasir dapat menjadi suatu masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja, tetapi kondisi ini sering kali terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas. Kondisi ini dianggap sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, pasalnya dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa. Wasir terbagi menjadi dua jenis, yaitu wasir internal dan wasir eksternal.

Wasir internal merupakan suatu kondisi pembengkakan pada pembuluh darah yang terjadi di dalam dubur dan tidak bisa dilihat dari luar. Sementara wasir eksternal merupakan kondisi pembengkakan yang terjadi di dekat dubur, kondisi ini dapat terlihat dari luar dan menimbulkan rasa nyeri sama hal nya dengan wasir internal.

Penyebab terjadinya wasir pun juga disebabkan oleh berbagai ragam kondisi, salah satunya sering duduk terlalu lama, kurang serat, dan kehamilan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika buang air besar. Selain rasa sakit, wasir juga dapat menimbulkan gejala berdarah pada anus saat melakukan buang air besar.

Bahkan pembengkakan pada wasir dapat berkembang luas hingga keluar anus dan rektum. Wasir termasuk masalah kesehatan yang cukup umum dan dapat menyerang siapa saja. Pada beberapa kasus, perempuan dapat memiliki risiko yang lebih tinggi akan terkena penyakit wasir. Sebab perempuan dapat mengalami pelebaran pembuluh darah pada saat menstruansi.

Penyebab terjadinya wasir

Wasir dapat terjadi lantaran disebabkan oleh berbagai atau suatu kondisi tertentu. Salah satunya ialah akibat perubahan patologis termasuk pembesaran vena dan trombosis, dan jaringan penyertanya. Wasir lebih sering terjadi pada perempuan, sebab perempuan dapat mengalami perubahan tubuh atau hormon pada masa kehamilan.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab ternjadinya wasir :

- Kekurangan serat pada tubuh, serat merupakan nutrisi yang dapat melancarkan kotoran BAB. Jika sedang terjadi kekurangan serat pada tubuh, dapat memicu feses menjadi dan sulit untuk dikeluarkan. Sehingga menyebabkan mengejang lebih keras pada saat sedang buang air besar.

- Mengejan pada saat buang air besar, jika kondisi ini sering terjadi pada saat buang air besar, maka dapat menimbulkan tekanan besar. Sehingga dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan pembengkakan, hal ini sering kali dialami oleh para penderita sembelit atau diare kronis.

- Masa kehamilan, perempuan pada masa kehamilan dapat mempengaruhi kondisi hormon sehingga dapat berubah-ubah dengan cepat. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi sirkulasi peredaran darah, selain itu juga mengalami pembesaran rahim yang dapat menekan pembuluh darah di sekitar anus.

- Sering duduk dalam jangka waktu yang lama, jika pekerjaan menyebabkan duduk terlalu lama. Sebaiknya selingi dengan beberapa aktivitas kecil, kondisi duduk terlalu lama dapat menyebabkan terjadinya tekanan pembuluh darah yang terdapat di dalam lubang anus dan menyebabkan wasir.

Itulah penjelasan tentang beberapa faktor yang dapat menyebabkan wasir. Ketahuilah beberapa penyebabnya agar dapat mengetahui cara untuk mencegahnya. Sehingga dapat mengurangi risiko wasir pada seseorang.

Cara mengatasi wasir secara alami

Wasir, pada umumnya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun kondisi terjadinya wasir dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang sangat luar biasa, sehingga kondisi ini dapat mengganggu aktivitas pengidapnya. Untuk mengatasi wasir dapat dilakukan melalui beberapa cara alami.

Berikut ini cara mengatasi wasir secara alami :

1. Gunakan minyak kelapa

Daun.id

sumber; pixabay

Minyak kelapa terkenal dapat memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengatasi masalah peradangan dan pembengkakan. Sifat analgesik pada minyak ini dapat membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan wasir. Sementara itu, disisi lain minyak kelapa dapat meredakan kondisi sembelit yang menyebabkan mengejan, sehingga dapat mengatasi wasir.

2. Manfaatkan cuka apel

Cuka apel termasuk salah satu bahan alami untuk mengatasi gejala wasir. Cuka apel terbuat dari fermentasi apel yang diubah menjadi asam asetat. Kandungan asam asetat di dalamnya, kemungkinan dapat membantu mengecilkan jaringan yang membengkak. Selain itu juga dapat memiliki sifat anti-bakteri sehingga dapat mengatasi wasir. Namun sayangnya cuka apel dapat menyebabkan iritasi, jika dioleskan secara langsung.

3. Memaksimalkan air hangat untuk mandi

Daun.id

sumber; pixabay

Mandi dapat membantu untuk menjaga kebersihan tubuh, ketika sedang terjadi wasir rendamlah area anus dengan air hangat dapat mengatasi keluhan akibat wasir. Cara ini cukup praktis, sediakan air hangat pada bak mandi secukupnya. Rendamlah area anus ataui wasir kurang lebih selama 20 menit. Untuk selanjutnya, gunakanlah handuk lembut untuk mengeringkan seluruh anggota tubuh.

4. Maksimalkan essential oil

Essential oil merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat alami wasir. Essential oil dapat berfungsi sebagai pelembap pada kulit yang dapat mengurangi keluhan iritasi. Beberapa contohnya adalah minyak kelapa, minyak vitamin E, petroleum jelly, serta minyak esensial yang mengandung chamomile, ekstrak kacang almond, dan minyak ikan. Gunakan beberapa jenis minyak di atas untuk mengatasi wasir.

5. Manfaatkan gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pixabay

Gel lidah buaya memiliki manfaat yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada wasir. Selain itu juga dapat memulihkan luka yang disebabkan oleh wasir. Menggunakan gel lidah buaya termasuk cara alami untuk mengatasi wasir. Gel lidah buaya sudah dapat dijumpai dengan mudah dipasaran, seingga bisa langsung membeli dan mengoleskan pada wasir untuk mengatasinya.

6. Kompres dengan es batu

Sensasi dingin pada es batu dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat wasir. Cara ini juga terbilang sangat mudah, pasalnya cukup sediakan es batu sesuai kebutuhan. Kemudian bungkus es batu dengan kain yang lembut dan bersih, lalu tempelkan atau kompres bagian anus yang terasa nyeri. Sehingga rasa nyeri akibat wasir dapat berkurang.

7. Tanaman Witch hazel

Daun.id

sumber; pixabay

Witch hazel merupakan suatu jenis tanaman yang dapat dimaksimalkan guna mengatasi rasa gatal, sakit atau nyeri yang terdapat pada penderita wasir. Witch hazel memiliki beberapa kandungan seperti halnya tanin dan minyak alami yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada anus saat terjadi wasir. Untuk menjumpai tanaman ini, kini telah tersedia dalam bentuk krim atau salep.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah wasir. Segera atasi wasir dan jangan biarkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika mengalami kesulitan, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapat resep dan perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya