7 Cara Mengatasi Keringat Dingin secara Alami dan Medis, Harus Kamu Coba

"Tidak perlu panik saat kamu mengalami keringat dingin, berikut ini adalah cara untuk mengatasinya."

Life | 13 March 2022, 18:09
7 Cara Mengatasi Keringat Dingin secara Alami dan Medis, Harus Kamu Coba

Keringat dingin dapat yang muncul ketika kamu sedang dalam kondisi normal dan tidak berolahraga, bahkan dapat muncul saat kamu sedang dalam suhu yang relatif dingin. Kondisi ini sebenarnya cukup umum tejadi, hampir semua orang pernah mengalami keringat dingin.

Namun apakah kamu tau apa itu keringat dingin? Keringat dingin adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan keluarnya keringat secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat terjadi karena penderita sedang mengalami stres atau gangguan kesehatan.

Munculnya keringat dingin adalah cara tubuh untuk mendinginkan tubuh. Ini adalah respon tubuh saat mengalami suatu gangguan yang memicunya. Kondisi keringat dingin secara medis disebut dengan (diaphoresis).

Keringat dingin dapat terjadi pada bagian-bagian tertentu tubuh manusia, seperti telapak tangan, wajah , ketiak dan telapak kaki. Saat keringat dingin muncul, bagain tubuh tersebut akan tetap terasa dingin saat berkeringat.

Kondisi lain dapat muncul secara bersamaan saat berkeringat dingin adalah jantung yang berdetak lebih keras, deru napas yang lebih kencang, kelenjar keringat terbuka dan lepasnya hormon endorfin.

Selain itu, kurangnya aliran darah ke sistem pencernaan juga dapat menjadi gejala keringat dingin sehingga menyebabkan produksi saliva berkurang dan membuat mulut menjadi kering. Keringat dingin dihasilkan oleh kelenjar keringat apokrin. Berbeda dengan keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin yang bertugas untuk mengatur suhu tubuh.

Cara Mengatasi
Saat tubuh kamu sedang tidak sehat, biasanya kondisi tersebut akan membuat keringat dingin muncul dari tubuh. Kamu tidak perlu khawatir atau panik, sebab kondisi tersebut adalah kondisi yang umum terjadi.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi keringat dingin yang kamu alami. Berikut ini adalah cara-caranya, antara lain:

1. Menggunakan obat-obatan

Daun.id

pexels.com

Untuk mengatasi keringat dingin, kamu bisa menggunakan obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa obat-obatan yang berfungsi untuk mengatasi kondisi ini yaitu:

- Nerve blockers, obat jenis ini berfungsi untuk menghalangi saraf yang bertugas sebagai pemberi sinyal pada kelenjar produksi keringat.

- Antidepresan, obat berguna bila penyebabnya adalah kecemasan atau sejenisnya.

Sebelum kamu menggunakan obat-obatan tersebut, sebelumnya kamu harus mengetahui apa penyebab dari keringat dingin yang kamu alami. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu mengenai kondisimu, dan obat-obatan apa yang sebaiknya digunakan.

2. Olahraga

Daun.id

pexels.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keringat dingin adalah dengan berolahraga. Lakukan jenis olahraga yang tidak terlalu berat dan sekiranya dapat mengurangi rasa stres kamu. Misalnya adalah yoga dan jenis olahraga relaksasi lainnya. Tujuanya adalah agar kamu menjadi lebih tenang dan rileks. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar risikonya berkurang.

3. Terapkan pola makan sehat

Daun.id

pixabay.com

Makanan dan minuman tertentu bisa memicu tubuh menghasilkan lebih banyak keringat, namun hanya terjadi pada beberapa orang saja. Hal ini juga bisa menjadi penyebab keringat dingin.

Jika Anda ingin mengatasi gejala kondisi ini, sebaiknya kamu mengurangi asupan kafein dan yang memang berpotensi mengganggu kesehatan.

4. Menjaga kebersihan tubuh
Dengan menjaga kebersihan tubuh dapat mengurangi adalah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi keringat dingin. Dengan menjaga kebersihan tubuh makan bakateri-bakteri penyebab penyakit juga dapat dihindari.

5. Minuman lidah buaya

Daun.id

pixabay.com

Gel lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati keringat dingin. Fitoestrogen maupun fitonutrien yang terkandung di dalamnyna berfungsi untuk menstabilkan dan mengontrol hormon dan suhu tubuh. Dengan mengonsumsi lidah buaya, perut dan tubuh menjadi dingin dan rileks. Tak usah heran, senyawa ini juga efektif mengendalikan produksi keringat dingin berlebihan.

6. Teh
 Daun.id

pixabay.com

Teh memiliki sifat yang sangat menenangkan. Teh hijau yang mengandung banyak fitokimia juga sangat berguna untuk meningkatkan imunitas dan menangkal penyakit. Dalam teh hijau mengandung tanin dan asam organik yang berfungsi untuk menghambat dan mengontrol sekresi keringat.

7. Madu

Daun.id

pexels.com

Madu adalah bahan alami yang dapat mengatasi keringat dingin. Kamu bisa menambahkanya dalam minuman ginseng atau jahe sebelum meminumnya. Sehingga minuman ini sangat berkhasiat untuk mengatasi keringat dingin. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya