3 Cara Menghapus Aplikasi di Laptop, Mudah Dipraktikkan

"Terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada laptop dapat menyebabkan menjadi lemot dan berat, maka harus menghapus beberapa aplikasi di laptop."

Tech | 16 March 2022, 12:26
3 Cara Menghapus Aplikasi di Laptop, Mudah Dipraktikkan

Jika kondisi RAM pada laptop mulai penuh dapat menyebabkan terasa lemot dan berat. Jika terjadi kondisi ini, tidak jarang kita ingin menghapus aplikasi di laptop atau PC yang sudah tidak digunakan lagi. Biasanya jika hard disk laptop sudah mulai hampir penuh, maka kinerja laptop bisa menurun, sehingga laptop mengalami gangguan produktivitas.

Dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak atau jarang digunakan, maka dapat membantu untuk meningkatkan performa laptop. Sehingga laptop dapat digunakan lebih nyaman kembali daripada sebelumnya. Selain aplikasi atau program, juga dapat memilah untuk membuang file-file sampah yang sudah menumpuk di laptop. Dengan demikian ruang penyimpanan laptop bisa kembali lega dan meningkatkan kinerja laptop.

Ketika hard disk laptop sudah penuh, beberapa masalah biasanya akan muncul seiring menurunnya kinerja laptop. Misalnya laptop mulai lemot, hingga terjadi ngeblank dan lain sebagainya. Selain itu juga muncul pesan eror yang menyampaikan informasi "Low Disk Space" pada umumnya juga sering muncul. Maka memilah aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan menjadi penting, sehingga dapat menghapus beberapa aplikasi.

Cara menghapus aplikasi di laptop

Kini kami suguhkan beberapa cara menghapus aplikasi di laptop dengan mudah, berikut ini cara menghapus aplikasi di laptop :

1. Menghapus aplikasi di laptop melalui start menu

Start Menu merupakan sebuah fitur pada sistem operasi Windows guna menyediakan akses yang cepat dengan berbagai program, folder, dan pengaturan sistem. Untuk pengguna Windows 10, berikut ini caranya :

Daun.id

sumber; unsplash

- Langsung klik tombol pada Windows di sudut kiri bawah taskbar yang ada di layar PC atau menekan tombol Windows yang ada di keyboar untuk membuka Start Menu.

- Setelah itu, pilih aplikasi yang akan dihapus

- Kemudian, pilih Uninstall yang telah tersedia.

- Maka secara otomatis aplikasi akan terhapus.

2. Menghapus aplikasi di laptop melalui control panel

Control panel ialah sebuah komponen dari Microsoft Windows yang menyediakan beragam fasilitas untuk melihat dan melakukan pengaturan sistem. Cara menghapus aplikasi melalui Control Panel, berikut ini caranya :

Daun.id

sumber; unsplash

- Membuka Control Panel terlebih dahulu

- Kemudian, Fitur Search & Cortana

- Power User seperti berikut; shortcut tombol Windows + X -> Control Panel.

- Windows Run (shortcut Windows + R -> ketik Control Panel)

- Command Prompt (masukkan perintah “Control Panel”)

- Windows PowerShell (masukkan perintah “Control Panel”).

- Setelah Control Panel terbuka, pilihlah Uninstall a Program yang ditandai dengan kotak merah.

- Pilih aplikasi yang akan dihapus lalu klik kanan dan pilihlah opsi Uninstall. Tunggu hingga proses selesai.

3. Menghapus aplikasi di laptop melalui settings

Anda juga dapat menghapus aplikasi melalui fitur Settings yang terdapat pada Windows. Pertama kali yang harus dilakukan, Anda harus membuka jendela Settings terlebih dahulu seperti di bawah ini:

Daun.id

sumber; unsplash

- Start Menu -> ikon Setting

- Fitur Search dan Cortana

- Shortcut tombol Windows + i pada keyboard laptop

- Power User (shortcut tombol Windows + X -> Settings)

- Command Prompt (masukkan perintah start ms-settings:)

- Windows PowerShell (masukkan perintah start ms-settings:).

- Pada jendela Settings, pilih Apps.

- Lalu pilih Apps & features.

- Pada jendela Apps & features, pilih dan klik aplikasi yang akan dihapus, setelah itu pilih tombol Uninstall. Tunggu dan ikuti sampai proses uninstall selesai.

Demikianlah informasi seputar cara menghapus aplikasi di laptop, jika laptop Anda mengalami beberapa masalah seperti lemot, penyimpanan penuh. Mungkin dapat menghapus beberapa aplikasi guna meningkatkan kinerja laptop kembali. Jika mengalami kesulitan untuk melakukan cara di atas, sebaiknya mintalah bantuan secara langsung ke tukang service laptop. Selamat mencoba, sekian dan terimakasih !!!.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya