Doa Sholat Istikharah Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Disertai Tanda Jawaban

"Ketika sedang galau menghadapi suatu pilihan, lakukan dengan sholat istikharah."

Life | 26 July 2022, 18:05
Doa Sholat Istikharah Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya. Disertai Tanda Jawaban

Hidup seringkali dihadapkan dengan beberapa pilihan, dan mau tidak mau kita harus memilihnya. Terkadang saat menentukan pilihan ini sangat berat, bahkan bikin kepala pening. Tak hanya itu, beberapa pilihan yang dihadapkan juga bisa membuat galau dan hati tidak tenang. Dalam kedaaan seperti ini dianjurkan untuk melaksanakan sholat istikharah. Sholat ini diperuntukkan jika seseorang bimbang dalam menghadapi atau menentukan beberapa pilihan.

Secara pengertian, sholat istikharah ialah upaya memohon petunjuk kepada Allah SWT melalui sholat agar dapat memilih dengan tepat dan benar. Setelah melakukan sholat ini, jika berhasil akan mendapat petunjuk antara meneruskan atau meninggalkan. Jumlah rakaat dalam sholat sunnah istikharah ini memiliki dua rakaat saja. Nah tentu ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan saat melakukan sholat istikharah.

Doa sholat istikharah

Adapun doa yang dibaca dalam sholat istikharah. Membacanya dilakukan seusai melaksanakan sholat dua rakaat. Berikut ini doanya :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ – ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ – خَيْرًا لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – قَالَ أَوْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ.

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.

Daun.id

sumber; pexels.com

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku beristikhoroh pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku dimanapun itu sehingga aku pun ridho dengannya".

Bentuk-bentuk jawaban sholat istikharah

Setelah melakukan sholat ini, jika berhasil seseoarang akan mendapat jawaban atau petunjuk dari Allah SWT. Berikut beberapa tanda-tandanya :

1. Dijawab melalui mimpi, ciri-cirinya seseorang dapat merasakan bahwa mimpi itu tidak biasa. Sehingga seseorang akan terasa lebih mantap di dalam hatinya pada suatu pilihan.

2. Kemantapan hati seseorang, menurut Imam Nawawi jawaban ini condong pada kemantapan pada pilihan yang baik untuk dilanjutkan.

3. Kemudahan dalam memilih, Allah akan memberikan petunjuk dengan kemudahan dalam memilih pada seseorang yanh melakukan istikharah. Bisa jadi akan lebih ringan dalam memilih.

4. Berhasilnya suatu pilihan yang ditetapkan, sehingga apa yang dimintanya benar-benar dikabulkan oleh Allah SWT. 

Itulah beberapa bentuk jawaban sholat istikharah jika Anda benar-benar berhasil dalam melakukannya. Maka sholat istikharah menjadi salah satu alternatif saat kebingungan. Selamat mencoba semoga berhasil.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya