Doa Berpergian Agar Hati Tenang dan Perjalanan Aman, Teks Arab, Latin dan Artinya

"Dengan berdoa perjalanan jadi tenang."

Life | 26 July 2022, 21:11
Doa Berpergian Agar Hati Tenang dan Perjalanan Aman, Teks Arab, Latin dan Artinya

Sebelum memulai setiap aktivitas biasanya umat Islam mendahuluinya dengan mengucapkan doa. Hal ini adalah sesuatu yang cukup lumrah untuk dilakukan. Tidak hanya itu mengawali segala sesuatu dengan doa diharap memperoleh pahala atas kegiatan yang dilakukan.

Seperti halnya, mengucapkan doa keluar rumah guna menghindarkan diri dari segala bahaya saat di luar rumah. Adapun doa keluar rumah yang harus kamu ketahui yakni sebagai berikut ini, yakni:

1. Doa keluar rumah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR.Abu Dawud, (4/325), no. 5094).

Selanjutnya, seusai membaca doa keluar rumah dengan singkat, kamu bisa melanjutkannya dengan doa keluar rumah berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَأَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّأَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّأَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَأَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allaahumma innii a’uudzu bika an adhilla au udhalla au azilla au uzalla au azhlima au uzhlama au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan, berbelok dari jalan yang benar atau dibelokkan dari jalan yang benar, berbuat kezaliman atau dizalimi, berbuat kejahilan atau dijahili.” (HR. Abu Dawud).

2. Doa Nabi Muhammad saw. saat bepergian

اَللّهُمَّاَنْتَ الصَاحِبُ فِى السّفَرِوَالْخَلِفَةً فى الأَهْلِ.اللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وكَابَةِ الْمَنْظَرِوَسُوْءِالْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ

Allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli. Allahumma inni a’uzubika min wa’zais safari wa kabatil mandzar wa su-il munqolabi fil mali

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

3. Doa bepergian jauh

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah, yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

4. Doa saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan

اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan kepada-Mu, takwa, dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini.

Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan, dan jeleknya kembali baik bagi harta maupun keluarga kami." (HR. Muslim)

5. Doa saat memasuki suatu wilayah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

Artinya: "Ya Allah, Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para setan dan apa yang disesatkannya serta Rabb angin dan apa yang diembuskannya.

Aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang berada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya, serta keburukan yang berada di dalamnya." (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi; shahih)

6. Doa saat berada di suatu tempat

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya." (HR. Muslim)

Keutamaan doa keluar rumah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Keutamaan membaca doa keluar rumah seperti yang telah dijelaskan dalam hadis berikut ini, yakni:

“Barang siapa yang saat keluar rumah nya mengucapkan, 'Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah' maka akan dikatakan kepadanya, 'Engkau telah dicukupi, dilindungi, dan syetan pun menjauh darinya'." (Disahihkan Al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi, jus VII, hlm. 426, hadis no. 3426).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya