Doa Penenang Hati Teks Arab, Latin dan Artinya Beserta Amalannya

"Bacalah doa dan amalan berikut ini agar diberikan ketenangan hati."

Life | 28 July 2022, 16:15
Doa Penenang Hati Teks Arab, Latin dan Artinya Beserta Amalannya

Rasa sedih dan gelisah adalah sebuah hal yang tidak dapat dihindari oleh manusia. Munculnya perasaan tersebut adalah hal yang wajar, dan dapat muncul karena berbagai sebab. Meski demikian tidak menyenangkan, datangnya perasaan tersebut juga atas izin Allah.

Setiap manusia pasti tidak nyaman dengan perasaan yang mengganggu tersebut, seperti rasa sedih, rasa gelisah juga rasa khawatir. Hadirnya perasaan tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja, itu bukanlah hal yang baik. Kamu harus memperhatikan dan dapat mengontrol juga mengobati perasaan itu.

Jika kamu sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja, yaitu sedang dalam rasa sedih, gelisah, khawatir dsb. Kamu sebaiknya membaca doa berikut ini agar diberikan ketenangan dan kekuatan menghadapi cobaan yang Allah berikan.

Doa Penenang Hati

Daun.id

pixabay.com

Jika sedang sedih, gelisah atau yang lainya, kamu harus memperkuat keyakinan kepada Allah dan takdir (Qada' wa Qadar). Selain itu, kamu dapat membaca doa untuk mengusir depresi dan kekhawatiran.

- Doa Penenang Hati Nabi Muhammad SAW

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ فُلَاناً كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma Antal 'Aziizul kabiir, wa ana 'abdukadh dho'iifudz dzaliil Alladzii laa haula walaa quwwata illa bika. Allahuma sakhkhir lii fulaan (sebut nama orang yg di maksud) kama sakhkhorta Fir'aun li Musa, wa layyin lii qolbahu kamaa layyantal hadiid li Dawud. Fainnahu laa yantiqu illa bi idznika, naa shiyatuhu fii qobdlotika, wa qolbuhuu fii yadika, Jalla tsanaa u wajhika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah. Doa tersebut diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada sahabat Umar bin Khattab ketika menghadapi orang yang kikir atau raja yang kejam.

- Doa Penenang Hati Nabi Musa as
Doa penenang hati lainnya yang bisa diamalkan yakni permohonan Nabi Musa as kepada Allah SWT dalam menghadapi Raja Fi'aun yang keras hati.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي (25) وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي (26) وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي (27) يَفْقَهُوا قَوْلِي (28)

rabbisyrahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul 'uqdatan min lisaanii yafqahuu qauluu.

Artinya: Berkata Musa, "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku". (Surat At Thaha: 25).

- Surah Al-Baqarah Ayat 286
Salah satu penyebab hati tak tenang dan kegelapan terbesar adalah kekufuran kepada Allah. Dan Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا

Laa yukallafullah hunafsan illaa wus'ahaa

Artinya:
"Allah tidak membebani jiwa seseorang melebihi apa yang dapat ditanggungnya.."

- Doa Penenang Hati Surah Al-Imran Ayat 139

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْ

Walaa tahinuu walaa tahzanuu wa angtumul a'launa ingkungtummu'minii

Artinya:
"Dan jangan putus asa, jangan sedih. Kamu pasti akan menang jika kamu adalah orang-orang yang benar-benar beriman."

- Doa penenang hati Minta Perlindungan Allah SWT

 بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu 'alallahi, laa haula walaa quwwata illa billah.

- Doa Penenang Hati Nabi Ibrahim as

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ, وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Doa tersebut dibaca Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW ketika di perang Khandak.

- Doa Penenang Hati Nabi Yunus
Nabi Yunus tinggal di dalam perut ikan besar selama empat puluh hari.

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". (QS. Al Anbiya: 87).

- Dzikir Minta Ketetapan Hati

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِيَ عَلَى دِينِكَ 

Yaa muqollibal quluub, tsabbit qolbi ‘ala dinika

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu”

Amalan Penenang hati

Daun.id

pixabay.com

Ada banyak cara dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa hati yang tidak tentu dan gelisah. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

- Membaca dan mendengarkan Ayat-ayat suci Al-Quran
Dengan membaca atau mendengarkan ayat suci Al-Quran menjadi obat mustajab bagi orang yang sedang memiliki penyakit hati. Hal ini dipercaya mampu menenangkan hati bagi orang yang sedang gelisah, dan mencari ketenangan hati.

- Membaca Surat Yasin
Membaca surat yasindapat membuat hati menjadi tenang. Keutamaan membaca surat yasin akan membuat hati dan pikiran lebih tentram.

- Sholat Tahajud
Dengan mengerjakan sholat tahajud akan membuat jiwa menjadi kuat dan hati menjadi lebih tenang saat menghadapi cobaan.

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, “ sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab,”Shalat Tahajud”. (HR. Muslim).

- Perbanyak Dzikir dan Istighfar
Dzikir dan istigfar dapat menenangkan hati dan pikiran.

- Senantiasa Mengingat Allah SWT

Selalu mengingat Allah akan mendatangkan ketentraman dan kedamaian hati. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya