Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Agar selalu terjaga baik di dalam ataupun di luar rumah"

Life | 29 August 2022, 19:49
Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Seperti saat akan memasuki masjid, begitu pula ketika masuk rumah juga memiliki adabnya. Tidak harus langsung masuk begitu saja. Perilaku atau tingkah laku yang baik saat akan memasuki ruangan alangkah lebih baiknya mengucap salam seraya berdoa. Hal itu juga telah disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadist, sebagai berikut:

Anas bin Malik RA sebagai berikut: “Rasullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bekata kepadaku: Wahai anakku, jika kamu masuk menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam, agar datang keberkahan atasmu dan penghuni rumahmu.” (HR-At Tirmidzi).

Juga tertuang dalam salah satu ayat Al-Quran, artinya sebagai berikut: “...Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) bagimu, agar kamu mengerti.” (Q.S Na-Nur {24}:61)
Daun.id

sumber: pixabay.com

1. Doa Masuk Rumah

Dikutip dari buku Kumpulan Do’a Sehari-Hari oleh Kemenag (2013:54), doa yang contohkan oleh Rasulullah SAW ketika masuk rumah sebagai berikut:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Assalaamu 'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya: “Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.” (H.R Ibnu Daud).

2. Doa Keluar Rumah

Selain berdoa ketika masuk ke dalam rumah, Islam juga mengajarkan umatnya untuk berdoa ketika bepergian atau keluar dari kediaman. Hal tersebut, tentunya dilakukan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Adapun doa yang dapat dibaca oleh seorang muslim ketika keluar dari rumah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.” (H.R Abu Daud dan Tirmidzi)
Daun.id

sumber: pixabay.com

Selain itu, juga terdapat doa lain yang dapat dibaca oleh seorang mukmin sebagai upaya memohon kepada Allah SWT, supaya diberikan keselamatan ketika berada di luar rumah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi."

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 10 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:47 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya