Bacaan Surat Sholat Witir 3 Rakaat, Ketahui Niat Serta Tata Caranya

"berikut untuk lebih lanjutnya"

Life | 25 December 2022, 13:30
Bacaan Surat Sholat Witir 3 Rakaat, Ketahui Niat Serta Tata Caranya

Sholat witir merupakan salah satu ibadah sunah yang dilaksanakan antara sholat Isya sampai sholat Shubuh. Sholat witir sendiri umumnya dijalankan usai sholat malam, sholat Tarawih, dan Tahajud. Umat Islam ketika bulan puasa disunahkan menjalankan sholat Tarawih dan ditutup dengan sholat Witir. Saat bulan Ramadan tiba, umat Islam disunahkan untuk mengerjakan sholat Tarawih. Sholat Witir yang dilakukan biasanya 3 rakaat. 

Sholat witir adalah shalat penutup bagi ibadah malam. Dari sekian amalan shalat sunah, sholat witir termasuk salah satu yang dianjurkan pelaksanaannya. Tak heran jika, sholat witir biasanya akan dilakukan usai melaksanakan sholat tarawih saat bulan Ramadan.

Bacaan Surat Sholat Witir 3 Rakaat, Ketahui Niat Serta Tata Caranya
Rasulullah SAW
pernah mencontohkan bacaan surah dalam sholat witir 3 rakaat dalam keterangan haditsnya. Surah yang dibaca oleh Rasulullah SAW di antaranya adalah surah Al A'la, surah Al Kafirun, dan surah Al Ikhlas.

Landasan haditsnya dinarasikan oleh Abdullah bin Abbas yang pernah berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى، وَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

Artinya: "Adalah Nabi Muhammad SAW saat mengerjakan sholat witir biasanya membaca surah Al A'la di rakaat pertama, Al Kafirun di rakaat kedua, dan Al Ikhlas di rakaat ketiga," (HR Tirmidzi, Nasa'i, dan Ibnu Majah).

Dalam riwayat lain juga menjelaskan hal senada. Dari Ubay bin Ka'ab RA yang menceritakan kebiasaan Rasulullah SAW saat melaksanakan sholat witir 3 rakaat.

عن أبي بن كعب قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يوتر بسبح اسم ربك الأعلى وقل يا أيها الكافرون وقل هو الله أحد

Artinya: "Dan dari Ubay bin Ka'ab RA, bahwasanya Nabi SAW biasa membaca Sabbihisma rabbikal a'la (surah Al A'la) pada rakaat pertama sholat witir. Dan pada rakaat kedua beliau membaca Qul ya ayyuhal kafirun (surah Al Kafirun). Lalu pada rakaat ketiga, beliau membaca Qul huwallahu ahad (surah Al Ikhlas). Beliau tidak salam melainkan pada rakaat terakhir," (HR Ahmad)

Sholat witir itu sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang mengandung keutamaan dan kedudukan tersendiri dalam Islam. Rasulullah SAW selalu mendorong umatnya untuk senantiasa mengamalkan sholat witir sebagaimana dalam hadits berikut,

انَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ

Artinya: "Sesungguhnya Allah itu witir, maka witirlah kalian ahli Al Quran," (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi).

Bacaan Niat Sholat Witir
Daun.id

sumber: pexels

اُصَلِّى سُنَّةَالْوِتْرِثَلَاثَ رَكْعَاتٍمُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِأَدَاءً ا لِلهِ تَعَالَى


Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala

Artinya: "Aku niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Sholat Witir

Adapun tata cara sholat Witir yakni sebagai berikut:

- Melakukan takbiratul Ihram
- Kemudian, melafalkan surat Al-Fatikhah
- Dilanjut dengan membaca surah-surah
- Kemudian, ruku
- Itidal
- Selanjutya, sujud
- Melaksankan takhiyat akhir
- Salam

Doa sholat witir
Bacaan setelah melakukan sholat witir adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, Wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina.

Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus. Kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya