13 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur secara Alami dan Lengkap

"Siklus haid yang berubah-ubah tentu menjadi masalah tersendiri bagi wanita."

Life | 15 January 2022, 18:35
13 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur secara Alami dan Lengkap

Siklus haid wanita ialah siklus bulanan yang normalnya dialami pada 28 hari. Akan tetapi, hal ini juga dapat berbeda-beda untuk tiap wanita dari satu bulan dengan bulan selanjutnya.

Siklus haid wanita terbilang normal apabila berada pada rentang 24 sampai 38 hari. Saat jeda antara haid berbeda maju-mundur, maka haid kamu dapat dibilang tidak teratur.

Keadaan haid tidak teratur ini sangat berpengaruh saat kamu mencoba supaya hamil. Maka dari itu, hal ini sangat penting dalam diatasi.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab haid tidak lancar atau tidak teratur, seperti:

1. Alat konstrasepsi

Pemakaian alat kontrasepsi, contohnya IUD (spiral) atau pil KB, memang dapat mengakibtkan perubahan terhadap siklus haid. IUD dapat menimbulkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri ketika haid.

Di samping itu, pemakaian pil KB mampu menimbulkan sedikitnya darah menstruasi yang keluar, terutama di awal masa pemakaian, atau bahkan tidak terjadi haid sama sekali sampai 6 bulan.

2. Menopause

Menjelang menopause biasanya haid dapat menjadi tak lancar. Hal ini akibat produksi hormon estrogen dan progesteron pada tubuh menjadi tak teratur.

3. Kehamilan

Kehamilan kadang ditandai dengan terhentinya haid. Jika kamu mengalaminya, coba periksa ke dokter guna memastikan apakah kamu hamil atau tidak. Dokter kadang menganjurkan tes kehamilan dan USG.

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) ialah kelainan hormonal yang dialami wanita. Wanita dengan PCOS bisa mengalami periode haid yang sangat jarang bahkan berkepanjangan.

Ketidaknormalan juga muncul akibat proses pelepasan sel telur yang menimbulkan wanita penderita PCOS tidak terjadi haid atau mengalami haid, namun darah yang keluar cukup sedikit.

5. Pola hidup

Haid tidak lancar mampu dikarenakan akibat kegiatan olahraga yang berlebih, penurunan berat badan dengan drastis sebab diet, atau berat badan berlebih (obesitas). Faktor itu mampu memicu hipogonadisme atau berkurangnya hormon reproduksi yang berfungsi guna mengatur siklus haid. Selain itu, stres juga dapat memengaruhi siklus haidmu.

6. Masalah di tiroid

Kelenjar tiroid yang ada pada bagian leher dan berperan dalam memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Apabila kelenjar tiroid bermasalah, haid juga dapat terpengaruh. Konsultasikan kondisi itu ke dokter supaya dilakukan tes darah untuk melihat kadar hormon tiroid dalam darah.

Di sisi lain, haid tidak lancar juga mampu diakibatkan karena konsumsi obat-obatan tertentu, tingginya kadar prolaktin dalam darah, gangguan makan, sampai penyakit diabetes yang tak terkendalikan.

Akan tetapi, apabila haid tidak lancar tetap muncul sesudah melewati tahun pertama, keadaan ini dapat dikatakan sebagai haid tak normal dan bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis, seperti:

- Polymenorrhea, yakni siklus haid yang terjadi kurang dari 21 hari.

- Oligomenorea, adalah keadaan saat siklus haid menjadi lebih panjang atau tak mengalami haid selama lebih dari 35 hari, namun kurang dari 90 hari.

- Amenorrhea, yakni keadaan saat tidak terjadi haid pada waktu 3 bulan berturut-turut.

- Dismenore, merupakan rasa nyeri atau kram perut hebat ketika haid.

Perdarahan uterus yang tak normal, yakni keadaan yang meliputi perdarahan haid lebih banyak, haid terjadi lebih dari 7 hari, atau terjadi perdarahan dan bercak di antara dua periode haid.

Terutama, pemeriksaan di dokter perlu lekas dilangsungkan apabila timbul beberapa gejala di antaranya:

- Demam.

- Hiad terjadi sekitar lebih dari seminggu.

- Nyeri haid yang memburuk.

- Keputihan yang tidak normal.

- Penurunan atau kenaikan berat badan yang tak mampu dijelaskan.

- Pendarahan atau bercak di antara periode, ketika hamil, seusai berhubungan seks, atau sesudah menopause.

1. Nanas

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Tumbuhan tropis berwarna kuning ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi ganguan haid. Dalam nanas terdapat bromelain, yakni enzim yang mampu melunakkan lapisan rahim, maka siklus haid kamu dapat teratur.

Di samping itu, molekul protein dari nanas juga diyakini sebagai pereda nyeri. Walaupun demikian, belum terdapat banyak penelitian yang menjelaskan khasiat nanas dalam mengatasi siklus haid tidak teratur.

Akan tetapi, tak ada salahnya supaya mencoba, nanas juga mampu menjadi camilan sehat dan segar. Mulai konsumsi nanas guna mengatasi haid kamu yang tidak teratur. Disarankan agar mengonsumsi sekitar 80 gram buah per hari.

2. Jahe

Jahe dapat dipakai sebagai salah satu cara mengatasi haid tidak teratur.

Mengutip penelitian dari Women's Health pada 92 wanita yang mengalami perdarahan haid berat, menyatakan bahwa suplemen jahe setiap hari bisa mengurangi jumlah darah yang hilang saat haid.

Serum prostaglandin yang tinggi terhadap seseorang mampu menimbulkan perdarahan haid yang banyak. Kandungan jahe diyakini menekan kerja prostaglandin ini sehingga meredakan perdarahan haid yang banyak.

3. Cuka sari apel

Pada jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh U.S. Library of Medicine menjelaskan bahwa cuka apel dapat mengatasi haid tidak teratur. Minum 0,53 oz (15 ml) cuka sari apel setiap hari mampu mengembalikan haid ovulasi bagi wanita yang menderita PCOS. Cuka sari apel juga dapat menurunkan berat badan dan kadar gula darah dengan memperbaiki peran insulin di tubuh.

4. Menjaga berat badan

Tidak hanya berolahraga, menjaga berat badan juga tak kalah pentingnya. Apabila berat badanmu mendadak turun atau terjadi kenaikan yang cukup drastis, kemungkinan dapat mempengaruhi siklus haidmu. Oleh sebab itu, jika kamu merasa berat badan menjadi sumber masalah ketidakteraturan haidmu, coba konsultasikan ke dokter.

5. Yoga
 
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Gerakan yoga diyakini bisa menjadi pengobatan ampuh dalam mengatasi masalah haid. Sebuah penelitian meneliti hal tersebut pada 126 peserta yang melakukan yoga rutin dengan waktu 35-40 menit dalam 5 hari per minggu.

Hasil penelitian itu membuktikan bahwa kegiatan tersebut dapat menyeimbangkan hormon sehingga mencegah siklus haid berantakan. Oleh sebab itu, gerakan yoga dapat mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Di sisi lain, yoga juga mampu meredakan rasa sakit ketika PMS.

6. Wortel

dr. Christiane Northrup, dokter dan ahli kesehatan wanita serta penulis buku asal Amerika Serikat menjelaskan, penting untuk perempuan dalam memperoleh banyak antioksidan, vitamin C, sekaligus beta-karoten supaya meningkatkan keseimbangan hormon dan kesehatan haid. Salah satu sumbernya dapat kamu peroleh dari wortel yang dapat menyumbang serat dan nutrisi penting pada jumlah yang signifikan untuk tubuh.

7. Tomat

Tomat merupakan salah satu dari banyak buah yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Salah satu manfaat baiknya yakni mampu menyembuhkan amenore dan mengatasi haid tidak lancar. Kamu dapat mengonsumsi olahan tomat dalam bentuk jus atau sup dengan teratur setiap hari supaya memperoleh hasil yang maksimal.

8. Kunyit

Dikutip dari Dove Medical Press, kunyit merupakan salah satu sumber estrogen yang baik bagi wanita. Sehingga, kunyit dapat membantumu melancarkan haid. Tak hanya itu, bahan alami ini juga dapat berkhasiat dalam mengobati sindrom pramenstruasi (PMS) dan mencegah alergi. Kamu dapat mengonsumsinya dengan mengkombinasikan kunyit yang sudah dihaluskan dengan madu maupun susu, kemudian minum setiap pagi hari dalam beberapa minggu.

9. Kayu manis

Kayu manis ternyata sangat berkhasiat bagi kamu yang mempunyai berbagai masalah berhubungan dengan haid. Mengutip American Journal of Obstretics & Ginecology, kayu manis adalah pilihan pengobatan yang ampuh terhadap wanita dengan PCOS.

Walaupun studi ini dibatasi oleh sejumlah kecil peserta. Hal ini juga sudah terbukti secara signifikan meredakan nyeri haid dan perdarahan, dan mengatasi mual dan muntah yang berhubungan dengan dismenore primer.

10. Tambah asupan vitamin

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada U.S. National Library of Medicine menghubungkan rendahnya tingkat vitamin D dengan haid yang tidak teratur.

Hasilnya, penelitian merekomendasikan bahwa mengonsumsi vitamin D guna membantu mengatur haid. Studi lain juga membuktikan bahwa vitamin ampuh dalam menyembuhkan ketidakteraturan haid bagi wanita dengan PCOS.

Vitamin D yang mempunyai fungsi kesehatan lainnya, terlebih dalam menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit tertentu, dan mengurangi depresi.

11. Pepaya

Pepaya muda berwarna hijau diyakini bermanfaat dalam mengatur aliran haid sebab membantu mengontrak serat otot pada rahim. Konsumsi jus pepaya mentah dengan teratur dalam beberapa bulan, namun jangan meminumnya saat menstruasi.

12. Jinten

Jinten kaya dengan sejumlah khasiat kesehatan. Jinten yang direndam mampu dipakai dalam pengobatan haid tidak teratur. Caranya cukup, ambil 2 sendok biji jintan kemudian rendam pada air semalaman dan minum keduanya di pagi hari. Kamu diajurkan minum air ini setiap hari supaya haid kamu teratur.

13. Lidah buaya

Lidah buaya mampu mengatasi haid tidak teratur secara alami dengan mengatur hormon pada tubuhmu. Supaya memperoleh hasil terbaik, pakai ekstrak gel lidah buaya segar pada daun lidah buaya. Selanjutnya, kombinasikan dengan satu sendok teh madu. Konsumsi minuman ini secara rutin setiap hari sebelum sarapan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya