Bacaan Sholat Jumat Bagi Makmum, Ketahui Keutamaan

"Niat sholat jumat bagi makmum, ini keutamaan dan ancamannya."

Life | 23 December 2022, 17:20
Bacaan Sholat Jumat Bagi Makmum, Ketahui Keutamaan

Ibadah sholat Jumat merupakan suatu ibadah wajib yang hanya dikerjakan sekali dalam seminggu. Hukum sholat Jumat ialah fardhu ain bagi setiap muslim laki-laki. Laki-laki yang dimaksud dalam hal ini ialah yang sudah baligh. Pelaksanaannya pada waktu dzuhur dan menjadi pengganti sholat dzuhur.

Di dalam masyarakat tanah air, sholat Jumat lebih dikenal dengan "jumatan". Hari Jumat dalam Islam juga termasuk salah satu hari yang penuh dengan keistimewaan. Pada umumnya sholat jumat dikerjakan secara berjamaah dan membutuhkan seorang bilal dan khatib.

Bilal ialah seorang pengganti muadzin yang mengumandangkan adzan dan iqomah, selain itu juga menjadi pembuka sebelum khatib menyampaikan khutbah. Sedangkan khatib ialah orang yang menyampaikan khutbah. Selain itu dalam jamaah sholat jumat terdiri dari makmum dan imam.

Bacaan niat sholat jumat bagi seorang imam dan makmum ini berbeda. Dalam hal ini akan membahas tentang bacaan sholat jumat bagi makmum. Secara detailnya akan diulas di bawah ini.

Bacaan Sholat Jumat Bagi Makmum

Daun.id

sumber; pixabay.com

Dalam bacaan niat sholat jumat terdapat dua perbedaan berdasarkan status orang yang melaksanakannya. Yakni sebagai imam dan makmum, adapun bacaan niat sholat jumat sebagai makmum seperti berikut:

أُصَلِّي فَرْضَ الْجُمْعَةِ مَأْمُومًا لِلهِ تَعَالَى

Ushallî fardha jumu’ati ma’mûman lillâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya shalat Jumat sebagai makmum karena Allah ta’âlâ.

Demikianlah bacaan niat sholat jumat bagi seorang makmum. Bacaan tersebut menjadi bacaan secara umum bagi jamaah kecuali seorang imam.

Sholat jumat juga memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut ini:

- Menghapus dosa, hal ini sesuai dengan riwayat hadits berikut; “Salat 5 waktu, dari Jumat ke Jumat berikutnya, dan dari Ramadhan ke Ramadhan berikutnya merupakan penghapus dosa-dosa yang dilakukan di antara keduanya apabila dosa-dosa besar dijauhi,” (HR Muslim).

- Mendapatkan pahala yang besar, berikut ini riwayat haditsnya; “Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia menjadi seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua, maka ia juga seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat, maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang kemudian datang pada kesempatan (waktu) kelima, maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan jika imam sudah keluar (untuk memberi khutbah), maka para malaikat kemudian hadir mendengarkan dzikir (khutbah tersebut).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sholat jumat merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim laki-laki. Maka tidak dapat ditinggalkan, berikut ini ancaman meninggalkan sholat jumat:

- “Hendaknya bagi orang yang suka meninggalkan shalat Jumat itu kemudian menghentikan kebiasan buruknya, atau Allah kemudian akan mengunci mata hatinya, lalu ia juga akan menjadi orang Ghafilin atau orang-orang yang Lalai.” (HR. Muslim).

- “siapa yang meninggalkan sholat Jumat sebanyak 3 kali, bukanlah karena darurat ataupun halangan maka Allah akan mengunci hatinya” (HR. Ibnu Majah).

Demikianlah bacaan niat sholat jumat bagi makmum sekaligus keutamaan dan ancaman meninggalkan sholat jumat. Wallahu a‘lam bi as-shawab.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya