10 Negara Kecil yang Bikin Kamu Terpesona

"Yuk, kita bahas tentang 10 negara terkecil di dunia yang ternyata punya banyak hal menarik! Meskipun ukurannya kecil, tapi jangan salah, tempat-tempat ini punya cerita menarik mulai dari orang-orangny..."

Life | 17 January 2024, 11:02
10 Negara Kecil yang Bikin Kamu Terpesona

Dunia ini penuh dengan miliaran orang yang tersebar di seluruh penjuru bumi. Seperti halnya penduduknya, setiap negara memiliki keunikan dan fakta menarik yang patut diketahui. Mungkin kita pernah bertanya-tanya tentang negara terbesar, terpanjang, terendah, atau terkaya di dunia ini, serta keajaiban apa yang dimiliki oleh negara-negara tersebut. Tidak semua orang tahu banyak tentang negara-negara lain, terutama yang memiliki keunikan tersendiri.

Di artikel ini, kita akan melihat 10 negara terkecil di dunia. Meskipun ukurannya kecil, tempat-tempat ini menyimpan banyak informasi menarik mulai dari orang-orangnya hingga lanskapnya. Berikut adalah ulasannya:

1. Grenada (344 km persegi)

Grenada, juga dikenal sebagai Spice of the Caribbean, adalah negara terkecil urutan kesepuluh di dunia. Dengan populasi lebih dari 107.000 jiwa, negara ini memiliki luas wilayah 133 mil persegi (344 km persegi). Grenada terkenal sebagai salah satu penghasil pala dan bunga pala terbesar di dunia. Baunya bahkan bisa tercium di sekitar pulau. Olahraga paling populer di negara ini adalah kriket.

2. Malta (122 Mil Persegi)

Malta adalah sebuah kerajaan yang ramai dengan populasi lebih dari 419.500 jiwa pada tahun 2016. Terdiri dari 3 bagian terpisah yaitu Gozo, Comino, dan Malta, negara ini merupakan salah satu negara terpadat di Eropa. Malta juga terkenal karena gua Calypso yang terletak di Pantai Sandy, Teluk Ramla. Gua ini terkenal karena menjadi tempat Calypso mengurung Odysseus selama tujuh tahun dalam kisah "The Odyssey" karya Homerus.

3. Maladewa (116 Mil Persegi)

Maladewa adalah negara kepulauan dengan 1.192 pulau karang yang dikelompokkan menjadi 26 atol karang. Dengan populasi di bawah 367.000 jiwa pada tahun 2016, Maladewa merupakan negara paling terpencar di Asia. Negara ini menjadi merdeka pada tahun 1965 dan menghadapi masalah serius akibat perubahan iklim. Pada tahun 2009, presiden dan 13 pejabat lainnya bahkan duduk di meja di dasar laut untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya yang dihadapi pulau-pulau tersebut.

4. Saint Kitts dan Nevis (101 Mil Persegi)

Negara dua pulau ini terletak di Karibia Timur dan memiliki populasi sekitar 55.000 jiwa pada tahun 2016. Meskipun ukurannya kecil, Saint Kitts dan Nevis memiliki sejarah yang kaya. Salah satu tokoh terkenal yang lahir di sini adalah Alexander Hamilton, salah satu bapak pendiri Amerika Serikat.

5. Liechtenstein (62 Mil Persegi)

Liechtenstein adalah negara yang menarik dengan sejarah dan kejadian yang unik. Dengan populasi sekitar 37.000 jiwa pada tahun 2016, negara ini 10 kali lebih kecil dari Maladewa. Terletak di antara Swiss dan Austria, Liechtenstein dikenal sebagai negara yang aman dengan tingkat kejahatan yang sangat rendah. Pada tahun 2007, negara ini bahkan secara tidak sengaja diserang oleh tentara Swiss.

6. San Marino (23.5 Mil Persegi)

San Marino mengklaim sebagai negara berdaulat tertua yang masih ada hingga saat ini. Dengan populasi sekitar 32.000 jiwa pada tahun 2016, San Marino adalah negara kecil yang cukup padat. Negara ini memiliki hubungan yang unik dengan Amerika Serikat. Pada tahun 1861, pemerintah San Marino menulis surat kepada Presiden Abraham Lincoln untuk membentuk aliansi. Lincoln menerima tawaran tersebut dan diberikan kewarganegaraan kehormatan San Marino.

7. Tuvalu (10 Mil Persegi)

Tuvalu, sebelumnya dikenal sebagai Ellice Islands, terletak di Timur Laut Australia. Dengan populasi di bawah 10.000 jiwa pada tahun 2016, pulau ini tergolong dataran rendah dengan titik tertinggi hanya 16 kaki di atas permukaan laut. Tuvalu adalah lokasi yang terpencil dengan jumlah pengunjung yang relatif sedikit.

8. Nauru (8 Mil Persegi)

Nauru adalah sebuah pulau di timur Australia. Dengan populasi sekitar 10.200 jiwa pada tahun 2016, pulau ini memiliki masalah nyata dengan pengangguran dan obesitas. Hanya 10% penduduk yang bekerja dan tingkat obesitas di Nauru sangat tinggi.

9. Monaco (0.75 Mil Persegi)

Monaco adalah negara yang sangat kaya dan terkenal dengan acara Grand Prix dan banyak acara lainnya. Berbatasan dengan Perancis, negara ini memiliki populasi lebih dari 37.500 jiwa pada tahun 2016. Klub sepak bola utama negara, AS Monaco, bermain dengan bendera merah putih dan disebut Les Rouge et Blanc atau merah putih.

10. Vatikan (0.17 Square Miles)

Terletak di Roma, Italia, Kota Vatikan adalah rumah bagi Paus dan tokoh agama lainnya. Dengan populasi hanya 800 jiwa dan hanya 450 orang memiliki kewarganegaraan Vatikan, kota ini memiliki kedaulatan yang diakui oleh pemerintah Italia. Vatikan memiliki keistimewaan seperti mencetak perangko sendiri, mengeluarkan paspor dan pelat nomor, serta memiliki bendera dan lagu kebangsaan sendiri.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya