8 Cara Mengatasi Kuku Cantengan, Secara Alami

"Kuku cantengan dapat timbul atau terjadi pada siapa saja, kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor."

Life | 17 February 2022, 18:41
8 Cara Mengatasi Kuku Cantengan, Secara Alami

Kondisi kuku cantengan dapat terjadi pada jari tangan maupun jari kaki. Pada umumnya, cantengan dapat menimbulkan rasa nyeri, terlebih pada saat mengenakan alas kaki. Baik itu berupa sendal maupun sepatu, kondisi ini dapat berbahaya jika penderita mengalami penyakit diabetes. Selain itu jika dibiarkan dapat menyebabkan beberapa masalah infeksi yang serius.

Pada beberapa kasus, kuku cantengan juga dapat menimbulkan beberapa gejala. Biasanya selain rasa nyeri juga dapat menimbulkan panas, untuk jika sudah parah sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Jika tidak terlalu serius dapat dilakukan beberapa cara, salah satunya mencari penyebab terjadinya kuku cantengan.

Selain itu, kita juga perlu mengetahui beberapa gejala yang dapat menimbulkan beberapa gejala. Gejala cantengan juga menimbulkan beberapa reaksi pada tubuh seseorang. Seperti halnya ulasan di bawah ini.

Mengenal gejala kuku cantengan

Pada gejala kuku cantengan yang dapat Anda amati. Pada umumnya gejala utama yang dapat diamati adalah daerah jari sekitar kuku terasa nyeri, bengkak, dan berwarna merah. Kuku juga dapat mengalami perubahan. Misalnya bentuk kuku yang kurang normal, akibat infeksi bakteri yang berkembang di bawah kulit. Jika infeksi bakteri ini tidak segera diatasi dapat menimbulkan gejala lain seperti berikut:

Daun.id

sumber; pexels

- Pada kuku muncul garis-garis merah.

- Terjadinya nyeri pada sendi dan otot pada bagian kuku cantengan.

- Kuku menjadi kaku dan keras ketika terjadi cantengan.

- Penderita kuku cantengan, dapat mengalami demam dan menggigil.

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, dan tidak segera sembuh dalam hitungan minggu atau bulan, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengenal Penyebab kuku Cantengan

Pertumbuhan kuku yang tidak normal, yaitu tumbuh ke arah dalam kulit dan menekan jaringan kulit dan daging yang ada di sekitarnya, merupakan penyebab umum terjadinya kuku cantengan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, yaitu:

Daun.id

sumber; pexels

- Tumbuhnya kuku ke dalam kulit, hal ini disebabkan karena penggunaan sepatu dan kaos kaki yang terlalu ketat.

- Terjadinya cedera kuku, misalnya akibat tersandung, tertimpa benda berat, atau menerima tekanan berulang, seperti menendang bola, dll.

- Terjadi infeksi jamur pada kuku tangan atau kaki.

- Bentuk kuku yang kurang normal. yang memiliki potensi menyebabkan kuku tumbuh ke dalam.

- Kurang terjaganya kebersihan kuku pada tangan maupun kaki, akibat kondisi kaki basah langsung dipakaikan kaos kaki.

- Cara memotong kuku yang kurang benar.

Beberapa hal di atas menjadi penyebab terjadinya kuku cantengan. Hindarilah sehingga dapat mencegah terjadinya kuku cantengan.

Cara mengatasi kuku cantengan

Cantengan pada umumnya menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Kondisi ini harus segera diatasi melalui beberapa cara agar kuku cantengan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara mengatasi kuku cantengan :

1. Penggunaan kasa steril atau kapas

Daun.id

sumber; pixabay

Penggunaan steril atau kapas di bawah batas kuku juga bisa menjadi cara mengatasi kuku cantengan. Ini bertujuan untuk membantu menggeser kuku agar tumbuh ke arah yang benar. Cara ini dapat mengatasi kuku cantengan, sehingga kuku dapat tumbuh kembali normal. Gunakan cara-cara tersebut sehingga dapat mengatasi kuku cantengan.

2. Hindari penggunaan sepatu yang sempit

Cara mengatasi cantengan juga perlu menghindari penggunaan sepatu sepatu yang sempit. Memakai sepatu sempit dapat memberi tekanan yang lebih besar pada jari kuku cantengan. Jika tetap menggunakannya, rasa sakit akan semakin sering muncul. Alhasil, kuku cantengan menjadi sembuh lebih lama. Oleh sebab itu, gunakan sandal atau alas kaki yang lebih longgar terlebih dulu sampai kuku cantengan berangsur sembuh.

3. Rendam kuku cantengan dengan cuka apel

Daun.id

sumber; pexels

Selain larutan garam dan air hangat, cara mengobati kuku cantengan di rumah bisa pula menggunakan cuka apel. Anda bisa mencoba menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke dalam baskom berisi air hangat. Kemudian, rendam kaki selama 20 menit. Perlu diketahui bahwa belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat cuka apel dapat mengatasi kuku cantengan alami. Selain itu juga dapat membantu kebersihan kuku.

4. Mengoleskan krim dan salep antibiotik

Setelah merendam kuku jari dalam air hangat, Anda bisa mengoleskan krim atau salep antibiotik untuk mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk mendapatkan resep krim atau salep antibiotik yang tepat. Selanjutnya, bungkus jari kuku menggunakan perban untuk menjaga kebersihan kuku dan terhindar dari kotoran yang mungkin masuk dan berisiko menginfeksi kuku rusak.

5. Rendam kuku jari dalam air hangat

Daun.id

sumber; pexels

Merendam kuku jari dalam air hangat merupakan salah satu cara mengobati kuku cantengan di jempol kaki dan tangan yang paling sederhana. Langkah ini bertujuan untuk membantu meredakan nyeri, peradangan, dan pembengkakan yang muncul. Anda bisa merendam kaki dalam air hangat secara rutin setiap harinya. Sehingga dapat mengatasi kuku cantengan.

6. Minum obat pereda nyeri

Jika rasa nyeri akibat cantengan terasa tak tertahankan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri.
Obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, naproxen sodium, atau paracetamol, dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada kuku jari.
Selanjutnya, oleskan salep antibiotik dan tutup menggunakan perban untuk mencegah infeksi.

7. Mengoleskan Minyak Tea Tree

Daun.id

sumber; pexels

Minyak pohon teh mengandung antiseptik yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi infeksi akibat kuku yang tumbuh ke dalam. Kamu bisa mengoleskan minyak tea tree, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa ke kuku yang cantengan, lalu tutup dengan perban kasa. Oleskan minyak pohon teh dapat mengatasi kuku cantengan.

8. Memotong kuku secara rutin dan teratur

Untuk mencegah kuku cantengan lagi, kamu perlu rutin memotong kuku dengan benar. Ketika memotong, mulai lah dari tepi lalu ke tengah bagian kuku. Potong secara lurus, dan hindari memotong kuku terlalu pendek. Memotong kuku secara rutin dan benar dapat mengatasi kuku cantengan.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi kuku cantengan yang dapat dilakukan, cara di atas merupakan cara mengatasi kuku cantengan secara mandiri. Jika kesulitan, lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasinya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya